Cara mengatasi wajah Jerawat dan Flek

Wajah berjerawat dan flek merupakan alasan terbanyak pasien (terutama pasien wanita) untuk mengunjungi pusat perawatan kulit (skin care). Jerawat merupakan penyakit peradangan saluran pilosebasea (kelenjar minyak), sedangkan flek adalah bercak berwarna coklat muda hingga coklat tua pada kulit yang sering terkena pajanan sinar matahari.

Hampir setiap orang pernah menderita jerawat. Di Indonesia sekitar 15 juta penduduk pernah menderita jerawat. Perbandingan jumlah penderita jerawat jika dilihat dari jenis kelamin tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna, namun jumlah penderita wanita yang mengunjungi pelayanan kesehatan lebih banyak dibandingkan pria. Hal ini mungkin disebabkan wanita lebih memperhatikan penampilan dibandingkan pria.

Flek merupakan masalah yg sering dijumpai di negara tropis. Flek lebih sering dijumpai pada wanita, meskipun dapat dijumpai pula pada pria. Di Indonesia perbandingan jumlah kasus flek pada wanita dibandingkan pada pria adalah 24:1 dan diperkirakan lebih dari 60% wanita mempunyai flek di wajah.

Jerawat menimbulkan berbagai masalah bagi penderita. Banyak penderita jerawat merasa rendah diri (kurang percaya diri) dan mengalami depresi. Penderita jerawat di luar negeri sulit mendapatkan pekerjaan, bahkan yang sudah bekerja pun banyak yang keluar dari pekerjaannya karena mengalami depresi.

Ketidaktahuan penderita tentang jerawat dan flek membuat mereka mencoba berbagai cara dengan membeli obat bebas dengan biaya yang tinggi. Penanganan yang tepat dan komprehensif sangat diperlukan bagi penderita jerawat dan flek. Terapi dengan krim, fototerapi, laser, dapat dilakukan pada penderita jerawat disamping pemberian obat minum sesuai tingkat keparahan jerawat. Pada penderita flek, selain dengan ketiga hal tersebut juga dapat dilakukan mesoterapi, pengelupasan (chemical peeling), dan mikrodermabrasi. Edukasi juga sangat diperlukan agar penderita memahami penyakitnya. Penanganan yang komprehensif inilah yang dilakukan oleh Lexa Skin Clinic, Klinik Spesialis Kulit, dengan dokter-dokter spesialis kulit yang berkompeten dan berpengalaman, dengan biaya terjangkau.

by Dr Ridha S, SpKK

 

TAG :

perawatan wajah, cara merawat wajah, cara memutihkan kulit secara alami, kecantikan,  tips kecantikan, tips memutihkan kulit, perawatan kulit, cara merawat kulit, klinik kecantikan, kecantikan wajah, produk kecantikan, kesehatan kulit, salon kecantikan, tips merawat wajah, cara merawat wajah secara alami, perawatan tubuh, cara merawat kulit wajah, tips memutihkan wajah, skin care, perawatan wajah alami, dokter kulit jerawat, dokter jerawat, dokter kulit untuk jerawat, dokter ahli jerawat, dokter kulit flek hitam, dokter kulit flek wajah, dokter menghilangkan flek hitam

 

0 comments
Leave a Reply
Cancel Reply
Post Comment